Recent Posts

Kamis, 29 Januari 2015

Sistem Koloid bagian 1

Selamat pagi kawan kawan .. kebetulan saya nge post nya pagi pagi nih ..
kali ini saya ingin berbagi ilmu kepada teman teman mengenai salah satu BAB pelajaran Kimia yang akan dibahas di Semester 4 alias semester 2 di kelas XI.
Sesuai judulnya .. yaitu sistem koloid. cekidot gan :)

Sebetulnya Sistem Koloid adalah satu dari tiga macam campuran.atau Sistem Dispersi. Sekarang kita bahas dulu apa itu Sistem Dispersi atau campuran, biar kita ngerti.

Apabila suatu zat dicampurkan dengan zat lain, maka akan terjadi penyebaran secara merata dari suatu zat ke dalam zat lain yang disebut sistem dispersi. Zat yang didispersikan disebut  fase terdispersi, sedangkan medium yang digunakan untuk mendispersikan disebut medium pendispersi. Contoh: gula pasir dimasukkan ke dalam air, maka akan membentuk sistem dispersi. Di sini air sebagai medium pendispersi, dan gula pasir sebagai zat terdispersi. Berdasarkan ukuran partikelnya, sistem dispersi dibedakan menjadi tiga kelompok, yaitu larutan, koloid, dan suspensi. Sekarang kita bahas satu persatu.

1.Larutan
Larutan adalah sistem dispersi yang ukuran partikelnya sangat kecil, sehingga tidak dapat dilihat, meskipun dengan mikroskop ultra, dan tidak dapat di saring, antara zat dan medium pendispersi nya.
contohnya larutam gula, garam, dan udara bersih.
2. Suspensi
Suspensi adalah sistem dispersi yang ukuran partikel nya besar, sehingga dapat diamati dengan mata telanjang, yaitu adanya pengendapan, dll. Suspensi juga dapat disaring dengan saringan biasa. Contoh dari suspensi ini adalah air sungai yang keruh, campuran kopi dengan air, campuran air dengan pasir, dan campuran minyak dengan air.
3. Koloid
Koloid adalah sistem dispersi yang tampak homogen jika dilihat tanpa mikroskop, tetapi dengan menggunakan mikroskop tampak adanya partikel-partikel fase terdispersi. Partikel koloid dapat disaring dengan menggunakan suatu penyaring ultra. Berdasarkan sistem dispersinya, suatu koloid tampak seperti suspensi. akan tetapi, secara fisik tampak seperti larutan sehingga sering juga disebut istilah suspensi homogen. Contohnya susu, santan, jeli, dll.

Ini perbedaan ketiga campuran di atas


Aspek
Larutan
Koloid
Suspensi
Bentuk Campuran
Homogen
Tampak Homogen
Heterogen
Kestabilan
Stabil
Stabil
Tidak Stabil
Pengamatan Mikroskop
Homogen
Heterogen
Heterogen
Jumlah fase
Satu
Dua
Dua
Sistem Dispersi
Molekuler
Padatan Halus
Padatan Kasar
Pemisahan dengan Cara Penyaringan
Tidak dapat disaring
Tidak dapat disaring dengan kertas saring biasa, kecuali dengan kertas saring ultra.
Dapat disaring
Ukuran Partikel
 <1 nm
1 nm – 100 nm.
> 100 nm

karena wujud di dunia ini ada 3, yaitu padat, gas, dan cair, seharusnya bentuk Koloid ada 9, tetapi karena Gas dengan Gas tidak dapat membentuk koloid, jadi sistem koloid hanya memiliki 8 bentuk, yaitu sebagai berikut

Fase Terdispersi Medium Pendispersi Jenis Koloid Contoh
Gas Cair Buih Busa sabun, Krim kocok
Gas Padat Buih padat Batu apung, Karet Busa
Cair Gas Aerosol cair Kabut, Awan
Cair Cair emulsi Susu, santan
Cair Padat Emulsi padat Mentega, Keju
Padat Gas Aerosol padat Asap, debu
Padat Cair Sol Sol, tinta
Padat Padat Sol padat Gelas berwarna, intan hitam

Sekian ilmu yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat kepada pembaca maupun penulis ..
tetap senyum ya kawan :)

KIMIA ? SENYUMIN AJA ! 

0 komentar:

Posting Komentar